Cara Menanam Kacang Hijau Paling Mudah

Cara menanam kacang hijau tidaklah sulit, bisa di lakukan dengan menggunakan media tanam Hidroponik, asalkan dengan cara yang benar menanam kacang hijau akan tumbuh dengan baik. Kacang hijau di manfaatkan sebagai bahan pangan tambahan, karena mengandung protein nabati yang cukup tinggi.

Berikut ini cara menanam kacang hijau, yang perlu anda simak jika anda ingin mencoba menanam atau sekedar mengetahui cara menanamnya.

Cara Menanam Kacang Hijau

  1. Menyiapkan Lahan Penanaman

Langkah pertama untuk menanam kacang hijau adalah menyiapkan lahan tanam, jenis tanah yang baik untuk menanam kacang hijau adalah tanah lempung liat yang memiliki banyak kandungan unsur organik dan memiliki unsur pH harus sekitar 6,5 – 7,0 serta lahan tanam memiliki sistem drainase yang baik.

Olah lahan tanam dengan cara membajak atau mencangkul, kemudian beri pupuk kandang dan campur sampai merata, lalu biarkan selama seminggu. Setelah itu buat bedengan pada lahan tanam dengan lebar 1 meter tinggi 0,5 meter dan panjang sesuai lahan yang tersedia, jarak antar bedengan sekitar 150 cm. Setiap penanaman bibit ada 3 lubang berukuran 20 x 20 cm, lubang 1 untuk bibit dan yang 2 untuk pupuk.

  1. Menyemai Benih

Untuk menyemai benih kacang hijau caranya dengan membasahi benih kacang hijau dengan air lalu di keringkan dan biarkan sekitar 1 hari sampai benih kacang tumbuh kecambah.

  1. Menanam Bibit

Setelah benih di semai kemudian bibit di tanam pada lubang yang sudah di sediakan di bedengan lahan tanam, masukan 2-3 bibit lalu tutup lagi menggunakan tanah secara tipis. Kemudian masukan pupuk pada 2 lubang di sampingnya lalu tutup juga dengan tanah, setelah itu siram dengan air untuk menjaga kelembapan tanah.

  1. Merawat Tanaman
  • Menyiram

Penyiraman perlu memperhatikan cuaca, apabila di tanam tidak pada musim hujan lakukan penyiraman 2 kali sehari.

  • Menyulam

Penyulaman di lakukan apabila ada bibit tanaman yang tidak tumbuh dengan baik, ganti dengan bibit yang baru.

  • Penyiangan Gulma

Lakukan penyiangan gulma 1 minggu sekali, agar tanaman kacang hijau tidak terganggu pertumbuhan nya.

  • Pemupukan

Pemupukan tambahan di lakukan sekitar 30 hari dari awal tanam atau saat tanaman mulai berbunga, gunakan pupuk Urea 60 kg/ha, TSP 100 kg/ha dan KCL 50 kg/ha.

  1. Memanen Kacang Hijau

Pemanenan dapat di lakukan setelah usia tanam 3 – 4 bulan, dengan ciri polong sudah mengering dan mudah pecah. Cara memanen nya dengan cara memetik polong kacang hijau, lalu di jemur sekitar 5 – 6 jam kemudian di pukul menggunakan kayu agar biji bisa keluar dari polong nya.

» » Cara Menanam Kacang Hijau Paling Mudah

SurdelSurPatagonia.com - Just another WordPress site
©2018 SurdelSurPatagonia.com