Pokok Pembahasan Surat Ali Imran

Pokok Pembahasan Surat Ali Imran – Dalam surat ali imran terdapat cerita atau kisah yang menggambarkan sebuah keluarga yang mana keluarga tersebut adalah salah satu contoh keluarga yang beriman kepada Allah Ta’ala dengan sebenar benarnya takwa.

Adapun surat tersebut memiliki beberapa pokok pembahasan yang bisa kita pelajari sebagai berikut ini.

Rangkuman Pokok Pembahasan Surat Ali Imran

Arti dari surat ini adalah keluarga imran, surat ini memiliki nama lain yakni az zahrawan.

Surat ali imran termasuk kedalam surat surat Madaniyah, artinya surat yang diturunkan di kota madinah.

Terdiri dari 200 ayat yang terbagi kedalam dua juz yakni juz 3 dan 4.

Surat ini menempati urutan ke 3 dalam mushaf Al Quran, tepatnya setelah surat Al Baqarah dan sebelum surat An Nisa.

Pokok Pokok Pembahasan Surat Ali Imran

1. Surat ini diawali dengan sifat tauhid, yakni sifat yang hanya menuhankan Allah Ta’ala sebagai satu satunya Rabb yang wajib di ibadahi dan pantas untuk diibadahi secara mutlak.

Dalam permulaan ayat ayat di surat Ali Imran dijelaskan dengan terang bahwasannya Allah Ta’ala telah menurunkan kitab kitab terdahulu yakni kitab zabur, taurat, injil sebagai kitab yang dijadikan pedoman oleh umat umat terdahulu.

Dan Allah Ta’ala menyempurnakan semua kitab tersebut dalam Al Quran yang sekarang menjadi pedoman umat manusia agar selamat di dunia dan akhirat.

2. Dalam surat ini juga disinggung masalah kekuasaan Allah Ta’ala dalam menciptakan, serta tidak ada satu hal pun yang bisa disembunyikan dari-Nya.

Karena Allah Ta’ala adalah Zat Yang Maha Mengetahui segala urusan makhluk baik yang nampak dan yang kita sembunyi-sembunyikan.

3. Dijelaskan bahwasannya apa apa yang kita meiliki didunia.

Baik itu harta, anak anak yang kita miliki kelak tidak akan berguna di hadapan Allah Ta’ala kecuali yang kita arahkan dijalan Allah Ta’ala.

Bahkan harta dan anak anak yang kita banggakan didunia itu bisa menjadi penyebab kita mendapat siksa dari Allah Ta’la.

4. Dalam surat ini dijelaskan bahwasannya dimata manusia akan tampak indah hal hal yang berbau duniawi seperti para wanita anak anak dan harta seperti emas dan perak, hewan hewan peliharaan dan lain sebagainya.

Semua itu tak lain hanya hiburan saat didunia semata, sesungguhnya hal yang terbaik serta kekal abadi adalah kembali di jalan Allah Ta’ala. Karena dengan bertakwa kepada Allah Ta’ala kita akan mendapatkan kenikmatan berupa surga yang didalamnya tentram serta kekal abadi.

5. Lalu surat Ali imran ini ditutup dengan nasihat untuk manusia yang beriman agar menetapkan diri dalam kesabaran serta himbauan agar memperkuat diri [iman] dan takwa kepada Allah Ta’ala agar kita termasuk kedalam golongan orang orang beriman.

Nah, itu tadi beberapa pokok pembahasan surat Ali Imran yang bisa kita pelajari pada kali ini.

Semoga bermanfaat.

» » Pokok Pembahasan Surat Ali Imran

SurdelSurPatagonia.com - Just another WordPress site
©2019 SurdelSurPatagonia.com