Tips Menjaga Gazebo Kayu Supaya Lebih Tahan Lama

Menjaga Gazebo Kayu Supaya Lebih Tahan Lama

 

 

Gazebo kayu  yang terbuat dari bahan kayu  tentunya memang cukup populer dan paling banyak penggemarnya. Biasanya bangunan gazebo kayu ini, banyak dibangun di tempat-tempat umum, misalnya di halaman kampus, halaman restoran, dan lainnya. Namun juga banyak rumah pribadi, khususnya rumah mewah yang membangun gazebo ini dirumahnya.

Gazebo kayu juga mempunyai keunikan tersendiri, sama halnya dengan gazebo yang terbuat dari bamboo. Namun untuk membuatnya harus benar-benar memperhatikan elemen-elemen pembuatannya, khususnya terkait kualitas kayu, kualitas serat kayu hingga kekuatan kayu. Ketiga poin ini wajib diperhatikan guna mendapatkan bangunan  gazebo kayu yang berkualitas,awet dan juga terlihat indah.

Untuk bahan kayunya sendiri ada beberapa jenis kayu yang bisa di gunakan, misalnya jenis kayu jati, mahoni, kelapa atau bisa juga dari kayu pohon cemara yang memang dikenal memiliki sifat yang kuat.

Meskipun jenis kayu ini banyak digunakan, namun perlu diketahui, jika masing-masing jenis kayu tersebut, mempunyai kelebihan dan kekurangan. Nah untuk penjelasan detailnya silahkan simak berikut ini.

 

Kelebihan gazebo dari kayu jati : Mempunyai serat yang sangat bagus, indah, kuat, anti rayap, serta tidak merembes air

Kekurangan gazebo dari kayu jati : Harganya terbilang mahal dibanding kayu jenis lain, pembuatannya memakan waktu lama, serta biaya pembuatannya cukup tinggi.

  • Kayu mahoni

Kelebihan  gazebo dari mahoni : Lebih kuat, lebih tahan lama, serta harganya cukup murah.

Kekurangan gazebo dari mahoni : Terlihat kurang menarik bila tanpa dicat, merembes air, tidak tahan rayap jika tanpa diolesi obat anti rayap, membutuhkan perawatan yang lebih ekstra.

  • Kayu pohon cemara

Kelebihan gazebo dari pohon cemara : Lebih kuat, lebih kokoh, memiliki peresapan oksigan yang sangat baik, terlihat lebih indah, mudah di olah, serta mampu               menciptakan suasana sejuk.

Kekurangan gazebo dari pohon cemara : Harganya luamayan mahal, susah di cari khususnya di Indonesia serta kurang tahan dengan hama khususnya rayap.

 

Tips menjaga Gazebo kayu lebih tahan lama

 

  1. Cat ulang dengan lapisan anti rayap

Sebagai bahan yang juga merupakan makanan pokok dari hama rayap, kayu memang harus benar-benar di perhatikan, meskipun pada proses pembuatannya, cairan anti rayap ini sudah di berikan, namun tidak salahnya untuk menambahkannya secara berkala, misalnya 3 bulan sekali atau paling lama 6 bulan sekali demi mencegah hama yang akan menyerang.

 

  1. Letakkan di tempat yang tidak ada genangan/rembesan air

Air adalah salah satu musuh terberat dari kayu, hal ini tentunya juga terjadi pada gazebo. Meskipun pada dasarnya gazebo juga melindungi dari hujan layaknya rumah yang berukuran kecil, namun anda tetap harus memperhatikan keadaan letak dari gazebo tersebut dan yang paling penting perhatikan fondasi dari gazebo tersebut.  Sebaiknya hindari meletakkan atau membangun gazebo di atas tanah yang berlumpur atau lahannya rendah, supaya tidak tergenang air.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk anda terkait bangunan gazebo yang terbuat dari kayu. cari yang jual gazebo kayu yang terpercaya juga ya.. Semoga bermanfaat.

» » Tips Menjaga Gazebo Kayu Supaya Lebih Tahan Lama

SurdelSurPatagonia.com - Just another WordPress site
©2019 SurdelSurPatagonia.com